Mengenal Guest Post dan Manfaatnya Untuk Blogger

Mengenal Guest Post dan Manfaatnya Untuk Blogger
Gambar: Neilpatel

Apa itu Guest Post?

Guest Post atau yang sering disebut dengan postingan tamu adalah sebuah istilah dimana seseorang menulis artikel di blog milik orang lain baik dengan imbalan tertentu atau hanya sebagai kontributor murni.

Pada umumnya orang yang melakukan guest post mendapatkan feedback berupa backlink dari artikel yang ditulis pada blog milik orang lain. Ada juga guust post yang sifatnya berbayar dimana seseorang mendapatkan sejumlah uang dari pemilik blog sebagai imbalan dari artikel yang telah diterbitkan.

Tujuan Guest Post

Pada intinya tujuan dari guest post adalah adanya unsur saling menguntungkan antara penulis dan pemilik blog, dimana pemilik blog mendapatkan artikel berkualitas untuk dipublikasikan di blog miliknya, sedang kan penulis mendapatkan feedback berupa backlink, sejumlah uang atau sekedar hanya untuk menaikkan popularitas sebagai penulis.

Tips Melakukan Guest Post

1. Selektif memilih blog tujuan.

Sebelum memutuskan untuk menulis di blog orang lain, kita harus selektif dalam memilih blog tujuan. pilihlah blog yang memiliki citra yang positif dan bukan blog spam atau memiliki konten mengandung SARA.

2. Situs tujuan memiliki SEO kuat, trafik stabil, aktif di media sosial dan berkualitas.

Hal ini dimaksudkan agar backlink yang kita terima nantinya benar-benar berkualitas. dan ikut mendongkrak kualitas dan rating dari blog kita sendiri.

3. Konten relevan.

Konten yang kita tulis harus relevan dengan konten yang sudah ada di blog tujuan dan tentu saja blog tujuan memiliki niche atau pokok pembahasan yang sama dengan blog milik kita agar backlink yang masuk nantinya menjadi backlink berkualitas karena memiliki topik bahasan yang sama/relevan.

4. Perluas channel dengan memperluas promosi konten dan kontribusi

Hal ini bertujuan agar kita sebagai penulis dan blog kita yang mendapat backlink memiliki citra positif, semakin banyak blog yang memuat artikel kita sebagai guest post dan blog tersebut memiliki trafik yang bagus maka secara otomatis nama kita dan blog kita akan ikut kecipratan popularitasnya.

Manfaat Guest Post

1. Membangun hubungan baik dengan pemilik blog

Hal ini penting mengingat sesama blogger harus saling mendukung dan bekerja sama, semakin banyak kawan maka semakin baik.

2. Mendatangkan pengunjung baru

Sudah tentu orang yang membaca artikel kita di sebuah blog ada kemungkinan akan mencari sumber dari artikel tersebut dan tentu akan mengklik link yang mengarah ke blog milik kita dan itu adalah salahsatu pintu masuk pengunjung ke blog milik kita.

3. Menaikkan kualitas niche blog

Dengan adanya backlink dari artikel dan blog yang relevan maka hal tersebut dapat mempengaruhi kekuatan niche blog kita karena dianggap mendapat referensi dari pihak lain.

4. Membangun backlink

Sebagaimana yang kita telah ketahui bahwa tujuan guest post adalah mendapat backlink yang mengarah ke blog milik kita, semakin banyak maka semakin bagus.

5. Menaikkan Domain Authority (DA)

Sejalan dengan masuknya backlink dari blog yang relevan apalagi memiliki DA tinggi maka secara otomatis hal itu akan menaikan DA dari blog kita.

6. Menaikkan Trafik dan rank search engine

Setelah backlink kita dapat, DA naik secara tidak langsung akan mengantarkan blog kita untuk memiliki trafik yang terus naik dan menjadi salah satu sarana agar mesin pencari melirik blog kita dan mungkin bisa dijadikan referensi ketika keyword tertentu diketikkan di mesin pencari.

Demikian sedikit pembahasan terkait guest post dan manfaatnya bagi blogger semoga bermanfaat.

Sumber: Bloggerhub
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url