-->

Berapa Tarif Job Review Blogger?

- Maret 03, 2021
advertise here
advertise here

Job review adalah sebuah job atau bisa disebut salahsatu sumber pendapatan para blogger selain dari penayangan iklan seperti adsense, adnow dan sebagainya. Sebenarnya apa sih job review atau blog review itu? dan berapa tarif job review blogger? dan bagaimana cara mendapatkan job seperti itu?

Artikel ini akan sedikit menjawab rasa ingin tahu teman-teman semua.

Baik kita mulai dengan apa itu job review atau blog review, kalau menurut saya job review adalah sebuah pekerjaan dimana blogger mendapat bayaran dari hasil menampilkan artikel yang berisi review atau penilaian suatu barang atau jasa. Artikel yang ditampilkan bisa berasal dari pelanggan yang disebut dengan content placement dan artikel ditulis oleh blogger sesuai dengan ketentuan pelanggan.

Selanjutnya adalah berapa sih tarifnya? untuk tarif job review bervariasi tergantung dari masing-masing blogger. Pada umumnya tarif job review dihitung berdasarkan popularitas dari blog pengiklan dan biasanya menilai popularitas dilihat dari nilai domain authority (DA) dan page authority (PA) dan visitor blog. Semaik tinggi nilai DA, PA dan visitor maka semakin tinggi tarif yang dipasang biasanya untuk blog dengan DA dan PA diatas 10 akan memasang tarif mulai dari Rp75.000,00, lalu bagaimana dengan blog baru?apa tidak bisa menerima job review? tentu saja bisa.

Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya saat menerima job review padahal blog ini masih berusia 1,5 bulan, masih sangat baru kan?artikel job review pertama saya berjudul Begini cara membeli Kelas di Skill Academy Lalu bagaimana prosesnya?

Pertama, Saya melihat penawaran di salahsatu grup Telegram (inilah salah satu keuntungan bergabung di grup telegram para blogger) yang isinya mencari blogger yang bersedia job review. Di situ saya langsung mendaftar dengan mengisi formulir melalui link yang disediakan. Selang beberapa hari saya mendapatkan email konfirmasi bahwa saya terpilih sebagai mitra job review.

Berapa tarif job review blogger
Gambar: Email konfirmasi job review
Pada pesan tersebut dilampirkan instruksi atau persyaratan dan ketentuan artikel job review, jika kita menyanggupi maka segera kerjakan biasanya kita diberi waktu 3-7 hari untuk membuat artikel dan di posting di blog kita. Apabila tidak sanggup tinggal kita sampaikan saja bahwa kita keberatan dan tidak meyanggupi projek tersebut.

Dikarenakan saya sedang punya waktu luang saya langsung mencari referensi contoh artikel yang diinginkan, singkat cerita saya selesaikan projek itu hanya dalam waktu 1 hari kerja dan langsung posting artikel dengan terlebih dahulu mengkonfirmasi kepada pemeberi job review.

Setelah mereka mengecek artikel kita, dan dirasa layak kemudian mereka mengirim link yang berisi formulir pembayaran yang harus kita isi untuk menerima pembayaran sesuai kesepakatan. Dan begini hasilnya:
Berapa tarif job review blogger
Gambar: Bukti transfer pembeyaran job review
Hah hanya Rp 50.000,00 untuk 1 artikel? murah sekali. Iya begitu mungkin kira-kira respon teman-teman. Begini saya jelaskan, blog saya masih baru tentu memasang tarif murah supaya berhasil memenangkan tender, dan sebagai ajang promosi, ini merupakan salahsatu strategi pemasaran.

Sebagai penutup perlu saya sampaikan bahwa artikel yang kita buat biasanya mensyaratkan agar artikel bersifat abadi tidak boleh dihapus dan wajib mengandung backlink, nah yang perlu dicermati adalah apabila kita mau menerima tawaran job review usahakan agar tema produk/jasa tidak jauh berbeda dengan niche artikel blog kita, karena jika berbeda maka akan menurunkan reputasi blog kita baik dimata pembaca maupun dimata search engine.



Advertisement advertise here

20 Komentar

avatar

Ohh jadi kaya gitu ya job review yg bisa dilakukan oleh blogger. Sekilas sih mirip sama endorsement ya mas abu. Kalo saya sendiri blm pernah dapet nih yg begini, mungkin akan di coba kedepannya..

avatar

betul mas endorsement versi blog....dicoba saja lebih bisa jadi lebih menguntungkan dari pada iklan banner...

avatar

Blogger ada freelance nya juga ya. Apa review bisa termasuk barang dan jasa ya?

avatar

betul mas, semua bisa direview, bahkan ada yang jobnya mereview blog orang lain...

avatar

nice min, gabung di revu dan sosiago juga, lumayan banyak job review disana.
sukses selalu

avatar

ok mas terimakasih infonya...

avatar

bisa mas tukeran review saja..wkwkwk

avatar

Lumayan nih cuma nulis artikel bisa jadi passive income disamping dari primari income, boleh dicoba

avatar

Seru juga tuh ngereviuw orang terus dapet duit

avatar

Justru buat saya 50rb "menghasilkan". Karena itu tadi, masih blog baru. Saya juga rencananya begitu sih, gak perlu pasang tarif mahal2lah. Masih baru ini 😀

avatar

wah, baru tau saya ada job gini, lumayan juga..

avatar

betul....nyari orderannya yang perlu usaha keras..hehehe

avatar

iya betul yang penting dikenal dulu (branding)...

avatar

monggo mas bisa coba daftar di bit.ly/refrajabacklink

avatar

Malah ada vendor yang mengelola ini

avatar

betul mas nih contohnya di artikel saya yang berjudul Cara Mendaftar di Rajabacklink

avatar

Memang lumayan sih blogger ini bisa jadi passive income. Saya taunya dari para blogger beauty, didukung dengan foto produk mereka yang aestetik.... Kalo saya belajar nulis dulu aja deh, sadar diri dulu hihihiiii

avatar

semua mulai dari belajar nulis kak semangat...hehehhe


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search